SOAL TES
OBJEKTIF
A. PILIHAN
GANDA
1. Mengambil
suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik/buruk dikenal juga
dengan....
a. Mengukur
b. Mengevaluasi
c. Menilai
d. Pengikuran
e. Menimbang
2. Berikut
yang bukan fungsi penilaian adalah...
a. Penilaian
berfungsi sebagai selektif
b. Penilaian
berfungsi sebagai pengajaran
c. Penilaian
berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
d. Penilaian
berfungsi sebagai diagnostik
e. Penilaian
berfungsi sebagai penempatan
3. Salah
satu fungsi penilaian itu adalah untuk mengetahui sejauh mana suatu program
berhasil diterapkan. Berikut ini beberapa faktor penentunya kecuali...
a. Kurikulum
b. Sarana
c. Guru
d. Siswa
e. Metode
mengajar
4. Berikut
ini hal yang dilakukan dalam perencanaan evaluasi kecuali...
a. Merumuskan
tujuan
b. Menentukan
tolak ukur
c. Menentukan
frekuensi
d. Menetapkan
aspek yang akan dinilai
e. Mengumpulkan
data
5. Skore
= jawaban benar – jawaban salah
obsen-1
Rumus di atas digunakan
untuk penilaian /penskoran pada tes :
a. Pilihan
ganda
b. Isian
c. Menjodohkan
d. Lisan
e. Benar
salah
6. Berikut
pemakaian kunsi jawaban tes objektif yang paling efektif digunakan adalah..
a. Kunci
sistem karbon
b. Kunci
pendamping
c. Kunci
berjendela
d. Kunci
sistem tusukan
e. Kunci
contekan
7. Teknik
tes cocok digunakan untuk menguji aspek :
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotor
d. Kognitif
dan psikomotor
e. Kognitif
dan afektif
8. Berikut
ini adalah model-model tes objektif kecuali :
a. Pilihan
ganda dan essay
b. Pilihan
ganda dan benar salah
c. Isian
dan menjodohkan
d. Benar
salah dan menjodohkan
e. Benar
salah dan pilihan ganda
9. Ada
beberapa langkah dalam pelaksanaan evaluasi menurut Sudijono sebagai berikut,
kecuali..
a. Mengolah
dan menganalisis data
b. Tindak
lanjut hasil evaluasi
c. Membuat
catatan yang baku
d. Menghimpun
data evaluasi
e. Menyusun
rencana evaluasi
10. Alat
ukur yang biasa digunakan untuk teknik evaluasi dengan cara non tes kecuali..
a. Observasi
b. Fortofolio
c. Skala
sikap
d. Wawancara
e. Soal
essay
11. Skor
yang penjabarannya didasarkan atas unit deviasi standar dari mean disebut..
a. Standar
0-10
b. Standar
T
c. Standar
Z
d. Standar 5
e. Nilai
huruf
12. Dalam
penjabaran skor mentah menjadi nilai huruf digunakan..
a. Mean
dan modus
b. Median
c. Modus
dan median
d. Deviasi
standar
e. Mean
dan deviasi standar
13. Skor = 50 + 10Z Rumus tersebut digunakan untuk mencari...
a. Standar
5
b. Standar
T
c. Standar
0-10
d. Satandar
Z
e. Standar
4
14. Ada
4 variasi tes benar salah berikut ini, kecuali...
a. Tes
benar salah tunggal
b. Tes
benar salah untuk pertanyaan
c. Tes
benar salah yang menuntut alasan
d. Tes
benar salah yang membetulkan
e. Tes
benar salah berganda
15. Kelemahan
tes menjodohkan adalah...
a. Untuk
mengukur proses mental yang rendah
b. Pembuatan
soal mudah di susun
c. Cocok
untuk mengukur informasi yang berbentuk fakta
d. Sulit
mengukur proses mental yang tinggi
e. Siswa
bisa menafsirkan jawaban secara bebas
B. BENAR
SALAH
1.
Membandingkan sesuatu dengan satu ukuran
disebut mengukur.
2.
Siswa adalah subjek evaluasi untuk
melaksanakan evaluasi tentang prestasi belajar siswa.
3.
Ketat atau tidaknya pengawasan pada saat
penilaian berlangsung merupakan salah satu penyebab kesalahan dalam proses
menilai.
4.
Verifikasi data merupakan
langkah-langkah dalam tindak lanjut pada prosedur evaluasi.
5.
Adanya kegiatan perencanaan akan membuat
evaluasi terlaksana sistematis, efektif dan efisien.
6.
Tes benar salah merupakan bahagian dari
tes objektif.
7.
Tes tertulis yang menuntut siswa untuk
mengisikan perkataan, ungkapan/kalimat pendek sebagai jawaban kalimat yang
tidak lengkap atau jawaban atas suatu pertanyaan disebut tes essay.
8.
Suatu aturan yang dijadikan sebagai
acuan dalam menentukan nilai yang didapat oleh peserta tes adalah tolak ukur.
9.
PAP dapat digunakan untuk menghindari
hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kurang terkontrolnya penguasaan materi,
terdapat siswa yang diuntungkan atau dirugikan, dan tidak dipenuhinya
nilai-nilai kelompok berdistribusi normal.
10. Menentukan
frekuensi merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan pada tahap
pelaksanaan.
11. Untuk mengukur
kemampuan menganalisis suatu prinsip, cocok jika digunakan butir-butir soal yang berbentuk tes objektif.
12. Konversi skor adalah proses
transformasi skor mentah yang dicapai peserta didik ke dalam skor terjabar atau
skor standar untuk menetapkan nilai hasil belajar yang diperoleh.
13. Ukuran
keberhasilan atau kemajuan siswa dalam evaluasi adalah penguasaan kemampuan
yang telah dirumuskan dalam rumusan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
14. Nilai
= skor mentah x 100%
skor max ideal
Rumus tersebut adalah
untuk mencari T score.
15. Mengetahui
nilai mean dan standar deviasi adalah hal yang tidak wajib sebelum mengolah
skor menjadi nilai.
C. ISIAN
SINGKAT
1.
Segala sesuatu yang menjadi titik pusat
pengamatan karena penilai menginginkan informasi dari sesuatu tersebut. Ini
dikenal dengan istilah....
2.
Penilaian pendidikan
bersifat......artinya tidak sama/ tidak selalu tetap dari satu waktu ke waktu
yang lain.
3.
Dalam tahap perencanaan pada prosedur
evaluasi diharapkan dapat dilakukan secara baik dengan pemakaian waktu, biaya,
dan tenaga yang minim. Ini merupakan pengertian dari...
4.
Afektif merupakan salah satu aspek yang
akan dievaluasi berhubungan dengan...
5.
Suatu aturan yang dijadikan sebagai
acuan dalam menentukan nilai yang didapat oleh peserta evaluasi disebut..
6.
Kunci yang terdiri dari jawaban yang
betul yang ditulis dalam satu kolom yang lurus dari atas kebawah dikenal dengan
istilah..
7.
Tes yang terdiri dari satu pertanyaan
dan satu jawaban disebut tes....
8.
Pada biasanya teknik tes digunakan untuk
mengukur aspek kognitif dan psikomotor sedangkan non tes lebih banyak digunakan
untuk mengukur...
9.
Deretan jawaban yang kita persiapkan
untuk pertanyaan atau soal-soal yang kita susun disebut...
10. Rumus
yang digunakan untuk mencari Z score adalah...
11. Butir-butir
soal tes hasil belajar merupakan.....yang representatif dari populasi bahan
pelajaran.
12. Pelaksanaan
tes yang berkali-kali terhadap subjek yang sama dan mendapatkan hasil yang
sama, itu tandanya tes hasil belajar tersebut memiliki....
13. Memperbaiki
proses belajar mengajar merupakan salh satu dari....penilaian formatif.
14. Tes
benar salah bentuk.....adalah soal yang terdiri dari pernyatan-pernyaan dan
siswa diminta memilih kemungkinan betul atau salh saja.
15. Sedikitnya
kesempatan untuk menduga-duga jawaban adalah kelebihan dari.....
D. MENCOCOKKAN
Hubungkanlah dengan
arah panah setiap pernyataan di bagian A ke arah bagian B yang merupakan
pasangan dari pernyataan A.
No.
|
A
|
B
|
1.
|
Bersifat
kualitatif
|
Ciri
penilaian sumatif
|
2.
|
Kegiatan
meliputi pengukuran dan penilaian
|
Nilai
|
3.
|
Penilaian
acuan norma
|
Menilai
|
4.
|
Untuk
menentukan seberapa penting kurikulum dalam pembelajaran
|
Kelebihan
tes pilihan ganda
|
5.
|
Koreksi
dan penilaiannya mudah
|
Menginterpretasi
|
6.
|
Langkah
awal kegiatan evaluasi
|
Evaluasi
|
7.
|
Bagian
pokok dari soal yang merumuskan isi soal
|
Kertas
karbon
|
8.
|
Sebagai
evaluator dalam proses belajar mengajar
|
Mean
ideal
|
9.
|
Penilaian
acuan patokan
|
Norm
referenced
|
10.
|
Soal
dengan menghadirkan 3-5 alternatif jawaban
|
Perencanaan
|
11.
|
Menafsirkan
data yang telah di dapatkan
|
Stem
|
12.
|
Alat
yang diletakkan diantara jawaban siswa dan kunci sebagai pemeriksa
|
Guru
|
13.
|
Tes
yang terdiri dari satu pertanyaan dan satu jawaban
|
Pilihan
ganda
|
14.
|
Hasil
ubahan dari skor yang sudah dijadikan satu
|
Menjodohkan
|
15.
|
½
* skor maksimum ideal
|
Criterion
referenced
|
ESSAY
1. Sebutkan
ciri-ciri penilaian dalam pendidikan.!
2. Sebutkan
pengertian penilaian dalam pendidikan.!
3. Jelaskan
perbedaan pengukuran, penilaian, dan evaluasi.!
4. Apa
saja manfaat atau makna diadakan penilaian jika ditinjau dari segi siswa
sebagai objek yang dinilai.?
5. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan input, transformasi dan output jika ketiga istilah
tersebut dihubungkan dengan proses penilaian dalam pendidikan.!
6. Jelaskan
perbedaan antara remedial dan pengayaan.!
7. Sebutkan
langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada tahap pelaksanaan.?
8. Jelaskan
3 aspek yang akan di evaluasi pada diri setiap siswa.!
9. Kegiatan-kegiatan
apa saja yang dilakukan dalam perencanaan evaluasi.?
10. Pada
tahap pengumpulan data, ada suatu proses yaitu pengukuran. Apa yang menjadi
latarbelakang terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh faktor peserta tes.?
11. Apa
perbedaan antara kunci pendamping dan kunci berjendela.?
12. Bagaimana
prosedur pengolahan dan penentuan hasil tes yang didasarkan pada standar
mutlak/secara keseluruhan.?
13. Jelaskan
teknik pemeriksaan pada tes perbuatan yang anda ketahui.!
14. Jelaskan
secara ringkas perbedaan antara whole method dan separated method.!
15. Hal-hal
apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang penguji dalam tes lisan.?
16. Apa
yang dimaksud dengan tes essay.?
17. Sebutkan
kelebihan dan kekurangan tes isian.!
18. Jelaskan
bentuk-bentuk tes objektif.!
19. Apa
saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meyusun tes essay.?
20. Apa
keunggulan dari tes menjodohkan.?
21. Sebutkan
beberapa prinsip tes hasil belajar yang kamu ketahui.!
22. Tuliskan
pengertian dari penilaian sumatif dan penilaian formatif.!
23. Apa
perbedaan antara PAN dan PAP.?
24. Pada
pendekatan acuan norma, standar kinerja yang digunakan bersifat relatif. Apa
keuntungan dan kerugiannya.?
25. Sebutkan
ciri-ciri penilaian formatif dan penilaian sumatif.!
26. Apa
yang anda ketahui antara skor dan nilai.?
Bedakan.!
27. Apa
saja tahap-tahap yang harus
dilalui dalam mengubah skor
mentah menjadi nilai berskala 1 – 10.?
28. Manakah
yang lebih mudah menggunakan Z score atau T score dalam pengolahan skor mentah
menjadi nilai.?
29. Jelaskan
pengertian standar T.!
30. Bagaimana
prosedur pelaksanaan pengolahan hasil penilaian.?
5 comments:
ada jawabannya gak?
ada dunk syifa aulia hakim ... :D
Dmana bisa dilihat kunci jwbanya kak ? :)
liat jawabannya dimana kak?
JAWABAN ISISAN SINGKAT NMR 9 MIN
Post a Comment