RSS

SOAL TES EVALUASI PEMBELAJARAN

SOAL TES
OBJEKTIF
A.      PILIHAN GANDA
1.      Mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik/buruk dikenal juga dengan....
a.       Mengukur
b.      Mengevaluasi
c.       Menilai
d.      Pengikuran
e.       Menimbang
2.      Berikut yang bukan fungsi penilaian adalah...
a.       Penilaian berfungsi sebagai selektif
b.      Penilaian berfungsi sebagai pengajaran
c.       Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
d.      Penilaian berfungsi sebagai diagnostik
e.       Penilaian berfungsi sebagai penempatan
3.      Salah satu fungsi penilaian itu adalah untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan. Berikut ini beberapa faktor penentunya kecuali...
a.       Kurikulum
b.      Sarana
c.       Guru
d.      Siswa
e.       Metode mengajar
4.      Berikut ini hal yang dilakukan dalam perencanaan evaluasi kecuali...
a.       Merumuskan tujuan
b.      Menentukan tolak ukur
c.       Menentukan frekuensi
d.      Menetapkan aspek yang akan dinilai
e.       Mengumpulkan data
5.      Skore = jawaban benar – jawaban salah
        obsen-1
Rumus di atas digunakan untuk penilaian /penskoran pada tes :
a.       Pilihan ganda
b.      Isian
c.       Menjodohkan
d.      Lisan
e.       Benar salah
6.      Berikut pemakaian kunsi jawaban tes objektif yang paling efektif digunakan adalah..
a.       Kunci sistem karbon
b.      Kunci pendamping
c.       Kunci berjendela
d.      Kunci sistem tusukan
e.       Kunci contekan
7.      Teknik tes cocok digunakan untuk menguji aspek :
a.       Kognitif
b.      Afektif
c.       Psikomotor
d.      Kognitif dan psikomotor
e.       Kognitif dan afektif
8.      Berikut ini adalah model-model tes objektif kecuali :
a.       Pilihan ganda dan essay
b.      Pilihan ganda dan benar salah
c.       Isian dan menjodohkan
d.      Benar salah dan menjodohkan
e.       Benar salah dan pilihan ganda
9.      Ada beberapa langkah dalam pelaksanaan evaluasi menurut Sudijono sebagai berikut, kecuali..
a.       Mengolah dan menganalisis data
b.      Tindak lanjut hasil evaluasi
c.       Membuat catatan yang baku
d.      Menghimpun data evaluasi
e.       Menyusun rencana evaluasi
10.  Alat ukur yang biasa digunakan untuk teknik evaluasi dengan cara non tes kecuali..
a.       Observasi
b.      Fortofolio
c.       Skala sikap
d.      Wawancara
e.       Soal essay
11.  Skor yang penjabarannya didasarkan atas unit deviasi standar dari mean disebut..
a.       Standar 0-10
b.      Standar T
c.       Standar Z
d.      Standar  5
e.       Nilai huruf
12.  Dalam penjabaran skor mentah menjadi nilai huruf digunakan..
a.       Mean dan modus
b.      Median
c.       Modus dan median
d.      Deviasi standar
e.       Mean dan deviasi standar
13.   Skor = 50 + 10Z      Rumus tersebut digunakan untuk mencari...
a.       Standar 5
b.      Standar T
c.       Standar 0-10
d.      Satandar Z
e.       Standar 4
14.  Ada 4 variasi tes benar salah berikut ini, kecuali...
a.       Tes benar salah tunggal
b.      Tes benar salah untuk pertanyaan
c.       Tes benar salah yang menuntut alasan
d.      Tes benar salah yang membetulkan
e.       Tes benar salah berganda
15.  Kelemahan tes menjodohkan adalah...
a.       Untuk mengukur proses mental yang rendah
b.      Pembuatan soal mudah di susun
c.       Cocok untuk mengukur informasi yang berbentuk fakta
d.      Sulit mengukur proses mental yang tinggi
e.       Siswa bisa menafsirkan jawaban secara bebas

B.       BENAR SALAH
1.         Membandingkan sesuatu dengan satu ukuran disebut mengukur.
2.         Siswa adalah subjek evaluasi untuk melaksanakan evaluasi tentang prestasi belajar siswa.
3.         Ketat atau tidaknya pengawasan pada saat penilaian berlangsung merupakan salah satu penyebab kesalahan dalam proses menilai.
4.         Verifikasi data merupakan langkah-langkah dalam tindak lanjut pada prosedur evaluasi.
5.         Adanya kegiatan perencanaan akan membuat evaluasi terlaksana sistematis, efektif dan efisien.
6.         Tes benar salah merupakan bahagian dari tes objektif.
7.         Tes tertulis yang menuntut siswa untuk mengisikan perkataan, ungkapan/kalimat pendek sebagai jawaban kalimat yang tidak lengkap atau jawaban atas suatu pertanyaan disebut tes essay.
8.         Suatu aturan yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan nilai yang didapat oleh peserta tes adalah tolak ukur.
9.         PAP dapat digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kurang terkontrolnya penguasaan materi, terdapat siswa yang diuntungkan atau dirugikan, dan tidak dipenuhinya nilai-nilai kelompok berdistribusi normal.
10.     Menentukan frekuensi merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan pada tahap pelaksanaan.
11.     Untuk mengukur  kemampuan menganalisis suatu prinsip, cocok jika digunakan  butir-butir soal yang berbentuk tes objektif.
12.     Konversi skor adalah proses transformasi skor mentah yang dicapai peserta didik ke dalam skor terjabar atau skor standar untuk menetapkan nilai hasil belajar yang diperoleh.
13.  Ukuran keberhasilan atau kemajuan siswa dalam evaluasi adalah penguasaan kemampuan yang telah dirumuskan dalam rumusan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
14.  Nilai =   skor mentah  x 100%
   skor max ideal
Rumus tersebut adalah untuk mencari T score.
15.  Mengetahui nilai mean dan standar deviasi adalah hal yang tidak wajib sebelum mengolah skor menjadi nilai.

C.       ISIAN SINGKAT
1.         Segala sesuatu yang menjadi titik pusat pengamatan karena penilai menginginkan informasi dari sesuatu tersebut. Ini dikenal dengan istilah....
2.         Penilaian pendidikan bersifat......artinya tidak sama/ tidak selalu tetap dari satu waktu ke waktu yang lain.
3.         Dalam tahap perencanaan pada prosedur evaluasi diharapkan dapat dilakukan secara baik dengan pemakaian waktu, biaya, dan tenaga yang minim. Ini merupakan pengertian dari...
4.         Afektif merupakan salah satu aspek yang akan dievaluasi berhubungan dengan...
5.         Suatu aturan yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan nilai yang didapat oleh peserta evaluasi disebut..
6.         Kunci yang terdiri dari jawaban yang betul yang ditulis dalam satu kolom yang lurus dari atas kebawah dikenal dengan istilah..
7.         Tes yang terdiri dari satu pertanyaan dan satu jawaban disebut tes....
8.         Pada biasanya teknik tes digunakan untuk mengukur aspek kognitif dan psikomotor sedangkan non tes lebih banyak digunakan untuk mengukur...
9.         Deretan jawaban yang kita persiapkan untuk pertanyaan atau soal-soal yang kita susun disebut...
10.     Rumus yang digunakan untuk mencari Z score adalah...
11.     Butir-butir soal tes hasil belajar merupakan.....yang representatif dari populasi bahan pelajaran.
12.     Pelaksanaan tes yang berkali-kali terhadap subjek yang sama dan mendapatkan hasil yang sama, itu tandanya tes hasil belajar tersebut memiliki....
13.     Memperbaiki proses belajar mengajar merupakan salh satu dari....penilaian formatif.
14.     Tes benar salah bentuk.....adalah soal yang terdiri dari pernyatan-pernyaan dan siswa diminta memilih kemungkinan betul atau salh saja.
15.     Sedikitnya kesempatan untuk menduga-duga jawaban adalah kelebihan dari.....

D.      MENCOCOKKAN
Hubungkanlah dengan arah panah setiap pernyataan di bagian A ke arah bagian B yang merupakan pasangan dari pernyataan A.
No.
A
B
1.
Bersifat kualitatif
Ciri penilaian sumatif
2.
Kegiatan meliputi pengukuran dan penilaian
Nilai
3.
Penilaian acuan norma
Menilai
4.
Untuk menentukan seberapa penting kurikulum dalam pembelajaran
Kelebihan tes pilihan ganda
5.
Koreksi dan penilaiannya mudah
Menginterpretasi
6.
Langkah awal kegiatan evaluasi
Evaluasi
7.
Bagian pokok dari soal yang merumuskan isi soal
Kertas karbon
8.
Sebagai evaluator dalam proses belajar mengajar
Mean ideal
9.
Penilaian acuan patokan
Norm referenced
10.
Soal dengan menghadirkan 3-5 alternatif jawaban
Perencanaan
11.
Menafsirkan data yang telah di dapatkan
Stem
12.
Alat yang diletakkan diantara jawaban siswa dan kunci sebagai pemeriksa
Guru
13.
Tes yang terdiri dari satu pertanyaan dan satu jawaban
Pilihan ganda
14.
Hasil ubahan dari skor yang sudah dijadikan satu
Menjodohkan
15.
½ * skor maksimum ideal
Criterion referenced



ESSAY
1.      Sebutkan ciri-ciri penilaian dalam pendidikan.!
2.      Sebutkan pengertian penilaian dalam pendidikan.!
3.      Jelaskan perbedaan pengukuran, penilaian, dan evaluasi.!
4.      Apa saja manfaat atau makna diadakan penilaian jika ditinjau dari segi siswa sebagai objek yang dinilai.?
5.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan input, transformasi dan output jika ketiga istilah tersebut dihubungkan dengan proses penilaian dalam pendidikan.!
6.      Jelaskan perbedaan antara remedial dan pengayaan.!
7.      Sebutkan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada tahap pelaksanaan.?
8.      Jelaskan 3 aspek yang akan di evaluasi pada diri setiap siswa.!
9.      Kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan dalam perencanaan evaluasi.?
10.  Pada tahap pengumpulan data, ada suatu proses yaitu pengukuran. Apa yang menjadi latarbelakang terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh faktor  peserta tes.?
11.  Apa perbedaan antara kunci pendamping dan kunci berjendela.?
12.  Bagaimana prosedur pengolahan dan penentuan hasil tes yang didasarkan pada standar mutlak/secara keseluruhan.?
13.  Jelaskan teknik pemeriksaan pada tes perbuatan yang anda ketahui.!
14.  Jelaskan secara ringkas perbedaan antara whole method dan separated method.!
15.  Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang penguji dalam tes lisan.?
16.  Apa yang dimaksud dengan tes essay.?
17.  Sebutkan kelebihan dan kekurangan tes isian.!
18.  Jelaskan bentuk-bentuk tes objektif.!
19.  Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meyusun tes essay.?
20.  Apa keunggulan dari tes menjodohkan.?
21.  Sebutkan beberapa prinsip tes hasil belajar yang kamu ketahui.!
22.  Tuliskan pengertian dari penilaian sumatif dan penilaian formatif.!
23.  Apa perbedaan antara PAN dan PAP.?
24.  Pada pendekatan acuan norma, standar kinerja yang digunakan bersifat relatif. Apa keuntungan dan kerugiannya.?
25.  Sebutkan ciri-ciri penilaian formatif dan penilaian sumatif.!
26.  Apa yang anda ketahui antara skor dan nilai.?  Bedakan.!
27.  Apa saja tahap-tahap yang harus dilalui dalam mengubah skor mentah menjadi nilai berskala 1 – 10.?
28.  Manakah yang lebih mudah menggunakan Z score atau T score dalam pengolahan skor mentah menjadi nilai.?
29.  Jelaskan pengertian standar T.!

30.  Bagaimana prosedur pelaksanaan pengolahan hasil penilaian.?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 comments:

Unknown said...

ada jawabannya gak?

KURNIA RAMADHANI said...

ada dunk syifa aulia hakim ... :D

Ritayeoll said...

Dmana bisa dilihat kunci jwbanya kak ? :)

Unknown said...

liat jawabannya dimana kak?

Saint24 said...

JAWABAN ISISAN SINGKAT NMR 9 MIN

Post a Comment