RSS

KETERAMPILAN BERTANYA LANJUT

KETERAMPILAN BERTANYA LANJUT

A.    Batasan keterampilan bertanya lanjut
Untuk memahami batasan bertanya lanjut, sebaiknya anda mengingat kembali batasan dari keterampilan bertanya sebagaimana yang telah di paparkan pada kegiatan belajar satu.
Dari materi kegiatan belajar satu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya adalah kecakapan atau kemampuan seseorang dalam meminta keterangan atau penjelasan dari orang lain. Dalam pembagiannya, seperti yang telah disampaikan keterampilan ini dibedakan atas dua bagian, yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut.
Keterampilan bertanya dasar biasanya merupakan pertanyaan pertama dan pembuka. Jadi, merupakan kunci untuk melanjutkan komunikasi selanjutnya, untuk itu nanti anda saat merumuskan harus betul-betul memperhatikan berbagai komponen dasar yang dianggap penting dalam penerapannya. Keberhasilan anda berpijak pada berbagai komponen dan kriteria pertanyaan dasar secara baik akan menentukan keberhasilan anda dalam bertanya pada pihak lain.
Bagaimanakah dengan bertanya lanjut ? Keterampilan bertanya lanjut adalah merupakan lanjutan dari pada keterampilan bertanya dasar yang lebih mengutamakan usaha mengembangkan kemampuan berfikir, memperbesar partisipasi, dan mendorong lawan bicara agar dapat berinisiatif sendiri. Jika lawan bicara itu adalah siswa, maka keterampilan bertanya lanjutan sangat bantu mengembangkan kemampuan berfikir, serta memotivasi para siswa dalam menyampaikan gagasan dan inisiatif dalam setiap permasalahan yang dibahas di kelas.
B.     Manfaat dan tujuan bertanya lanjut
Hakikat kemanfaatan penggunaan keterampilan bertanya dasar dalam proses belajar mengajar berlaku pula bagi keterampilan bertanya lanjut. Tetapi masih ada kebutuhan yang lebih tinggi sifatnya yang belum dapat dijangkau oleh keterampilan bertanya dasar yaitu usaha-usaha yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengatasi masalah dan berfikir secara tajam, baik secara perorangan maupun bersama-sama.
Oleh karena itu, jika diperjelas kemanfaatan penggunaan keterampilan bertanya lanjut dapat dilakukan secara baik maka akan cukup efektif dalam hal :
1.      Mengembangkan kemampuan siswa dalam menemukan, mengorganisasi, dan menilai informasi yang di dapat.
2.      Meningkatkan kemampuan siswa dalam membentuk dan mengungkapkan pertanyaan – pertanyaan yang didasarkan atas informasi yang lengkap dan relevan.
3.      Mendorong siswa dalam mengembangkan ide-ide dan mengemukakan ide-ide itu kepada anggota kelompoknya secara timbal balik.
4.      Memberi kesempatan kepada semua anggota kelompok memperoleh sukses melebihi yang biasa dicapai, biasanya menemukan ide-ide baru atau hal-hal yang lebih lengkap.
C.    Penggolongan Pertanyaan
Agar para guru dapat mengembangkan pertanyaan lanjut secara baik, sebaliknya ia memahami klasifikasi pertanyaan. Salah satu klasifikasi yang dapat digunakan berdasarkan penggolongan yang mengikuti Taxonomy dari Bloom. Berdasarkan taxonomy tersebut pertanyaan dapat digolongkan kedalam 6 kelompok, yaitu : Ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.
Secara satu persatu ke-6 pengelompokkan pertanyaan diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.       Pertanyaan ingatan (Knowledge)
Adalah jenis pertanyaan yang mengharapkan siswa mengenal / mengingat informasi. Siswa tidak diminta untuk memanipulasi informasi, tetapi hanya diminta untuk mengingat informasi tersebut, seperti yang pernah mereka pelajari sebelumnya. Untuk menjawab pertanyaan jenis ini, siswa harus mengingat fakta-fakta, observasi, definisi-definisi yang pernah dipelajarinya.
Kata-kata yang biasa digunakan untuk merumuskan pertanyaan jenis tersebut diantaranya : siapa, apa, dimana, kapan, dan definisi, ingat, kenal.
Sebagai contoh dapat anda perhatikan sebagai berikut :
1.      Apa nama ibu kota Provinsi Kalimantan Timur ?
2.      Siapakah nama kepala dinas pendidikan provinsi Banten sekarang ?
3.      Dimana terdapat tambang batubara di Indonesia ?
4.      Kapan terjadinya perang dunia ke -2 ?
Lalu apakah manfaat dan kelemahan dari jenis ini ? terdapat beberapa manfaat dari pertanyaan ingatan, diantaranya :
1.      Kategori ingatan atau pengetahuan masih diperlukan oleh tingkat berfikir lebih tinggi. Guru tidak bisa menyuruh siswa untuk memikirkan jenjang yang lebih tinggi jika siswa kurang informasi dasar.
2.      Pertanyaan ingatan masih bisa dikembangkan bukan hanya sekedar untuk mengingat fakta, tetapi dapat diarahkan untuk mengingat konsep-konsep yang lebih luas, generalisasi yang didiskusikan sebelumnya, definisi-definisi, metode-metode, pendekatan pemecahan masalah dan kriteria evaluasi.
3.      Secara umum, masyarakat disekitar kita juga masih menghendaki banyak hal yang harus diingat.
Disamping manfaat tersebut masih terdapat beberapa kelemahan dari jenis pertanyaan ini, diantaranya :
1.      Ingatan fakta-fakta saja masih belum berarti.
2.      Ingatan fakta-fakta yang dibangun dengan pertanyaan faktual, mudah, dan cepat dilupakan.
3.      Pengertian ingatan biasanya hanya mengukur pengertian-pengertian yang dangkal.
b.      Pertanyaan pemahaman (Comprehession)
Pertanyaan yang diarahkan untuk membuktikan siswa telah mempunyai pengertian yang cukup untuk mengorganisasikan dan menyusun materi-materi yang telah diketahui secara mental. Dalam menjawab pertanyaan ini harus mampu memilih fakta-fakta yang cocok, sehingga dalam menyampaikan jawaban harus berfikir lebih dari sekedar mengingat kembali informasi-informasi. Penjawab harus benar-benar mengerti materi yang diketahuinya dengan demikian jawabannya dapat membuat deskripsi.
c.       Pertanyaan Penerapan (Application)
Sebenarnya belum cukup jika siswa hanya dapat mengingat informasi atau menjelaskan dan menginterprestasikan hal-hal yang telah mereka ingat.
d.      Pertanyaan analisis
Pertanyaan ini menghendaki siswa untuk berfikir secara kritis dan mendalam.
e.       Pertanyaan Sintesis
Adalah pertanyaan tingkat tinggi yang meminta siswa menampilkan pikiran yang original dan kreatif.

f.       Pertanyaan evaluasi
Kata-kata yang sering digunakan dalam pertanyaan-pertanyaan evaluasi diantaranya putusan, argumentasi, memutuskan, dan mengevaluasi.
D.    Prinsip dalam penggunaan pertanyaan lanjut
Penggunaan keterampilan bertanya lanjut dalam proses belajar mengajar mungkin tercapai jika keterampilan bertanya lanjut itu dilakukan dengan memperlihatkan prinsip-prinsip tertentu. Prinsip itu meliputi :
1.      Kehangatan dan keantusiasan, menghindari kebiasaan mengulangi pertanyaan sendiri, mengulangi jawaban siswa, menjawab pertanyaan sendiri, mengajukan pertanyaan ganda, dan pertanyaan yang memancing jawaban serentak.
2.      Pemberian waktu berfikir yang lebih lama dibanding dengan waktu yang sediakan bagi keterampilan bertanya dasar agar siswa mendapat pertanyaan yang lebih baik.
3.      Guru hendaknya menyiapkan pertanyaan pokok yang akan diajukan selama jam pelajaran.
4.      Menilai pertanyaan pokok sesudah pelajaran
E.     Komponen-Komponen Keterampilan bertanya Lanjut
Keterampilan bertanya lanjut dibentuk atas landasan penguasaan komponen bertanya dasar. Karena itu semua, komponen bertanya dasar yaitu : pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan, pemindahan giliran, penyebaran, pemberian waktu berfikir.
Adapun komponen-komponen bertanya lanjut adalah :
a.       Pengubahan tuntutan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan.
b.      Pengaturan urutan pertanyaan.
c.       Penggunaan pertanyaan pelacak.
d.      Peningkatan terjadinya interaksi.
F.     Mengukur Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Bertanya Lanjut
Berdasarkan uraian diatas yang cukup penting adalah bagaimana kita mengetahui kemampuan calon guru / para guru dalam pengasaan keterampilan bertanya lanjut.
Terdapat beberapa cara, diantara berbagai cara yang cukup tepat adalah dengan melakukan pengamatan atau observasi serta berbagai umpan balik, terutama dari para siswa yang diajarnya.
                      Dibawah ini anda dapat mempelajari hal-hal apa yang sebaiknya dimasukkan untuk                      mengamati. Agar lebih mudah di identifikasi, disajikan dalam bentuk format yang cukup sederhan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment