RSS

Pengertian Doa


DO’A
            Do’a adalah jalan keselamatan, tangga pengantar, sesuatu yang  dituntut oleh orang-orang yang berpengetahuan , kendaraan orang-orang shalih, tempat berlindung bagi kaum yang terzalimi dan tertindas ,melalui do’a nikmat diturunkan dan melaluinya pula murka dihindarkan .alangkah besar kebutuhan para hamba allah akan do’a, seorang muslim tidak akan pernah bisa lepas dari kebutuhan akan do’a dalam setiap situasi dan kondisinya .
            Sebagai manusia yang lemah kita senantiasa dianjurkan untuk memanjatkan do’a kepada allah, tuhan semesta alam .berdo’a pada hakekatnya meminta atau memohon sesuatu kepada allah dengan harapan apa yang kita mohon itu dikabulkan.dan allah telah menjanjikan hal itu melalui firman-Nya.”Berdo’alahkepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu”.(QS. Al-Mukmin {40}:60).
            Berdasarkan ayat tersebut tak mungkin Allah tidak mengabulkan do’a seseorang.setiap do’a dari seorang hamba Allah pasti dikabulkan oleh Allah. Hanya saja diterimanya do’a itu bukan menurut kehendak kita melainkan kehendak Allah. Karena Allah lebih mengetahui hal-hal yang akan terjadi jika suatu do’a dikabulkan ataukah tidak.
            Jadi di sini yang berlaku adalah kehendak Allah bukan kehendak manusia.Bila Allah tidak mengabulkan do’a kita itu bukan berarti menolak.Akan tetapi yang demikian itu semata-mata adalah demi kebaikan kita sendiri. Sebab seandainya dikabulkan bisa saja hal itu akan membawa kemudharatan bagi kita.(QS.Al Baqarah {2}:216).
            Allah tidak akan mengingkari janji –Nya. Namun kita juga jangan berprasangka buruk terhadap Allah bila apa yang dijanjikan-Nya itu belum juga dipenuhi.Sebab datangnya janji Allah tergantung dari sebab dan syarat yang telah dipilih oleh Allah demi kebaikan kita juga. Oleh karena itu janganlah kita menjadi ragu untuk terus berdo’a, hanya karena Allah belum  mengabulkan do’a kita. Jangan kita putus asa dalam berdo’a. Yakinlah bahwa suatu saat do’a kita pasti terkabul seperti sabda Rasulullah:
            “Tidakkah seorang muslim Berdo’a dengan do’a yang tidak mengandung dosa di dalamya ,tidak pula do’a yang memutus silaturahmi, melainkan Allah  ta’alaakan memberikan satu di antara tiga hal: mungkin Allah akan merealisasikan do,a tersebut, atau mungkin dengan do’a tersebut Allah akan menyelamatkannya kelak di akhirat, atau mungkin Allah akan menghilangkan dari diri orang tersebut kesulitan yang semisal “.(HR.Ahmad, derajatnya hasan shalih. Lihat fathul baari, 18/55).
             Inilah hakikat dari do’a yang perlu kita pahami. Do’a adalah salah satu bentuk penyerahan diri, tawaqqal seorang hamba kepada Allah, Dzat yang maha mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya, baik untuk saat ini, maupun untuk kehidupan hamba-Nya dimasa mendatang, bukan terwujudnya semua keinginan dari apa yang diinginkan oleh seseorang, karena manusia, sesungguhnya tidaklah mengetahui dengan pasti apa yang terbaik bagi dirinya sendiri, jika ia memandang kehidupan dunia ini hanyalah sementara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment